Langsung ke konten utama

14 Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Yang Wajib Diterapkan Di Blog


Mungkin kita sudah tahu bagaimana cara membuat artikel yang bagus, akan tetapi dalam membuat artikel harus berbobot dan berkualitas, tidak hanya itu, artikel yang kita tulis haruslah artikel yang SEO friendly.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel "7 cara membuat artikel berkualitas SEO", karena saya fikir artikel ini terlalu panjang untuk dibuat dalam satu artikel.

Belum lama ini Google telah melakukan update sistem algoritma yang terbaru, dalam update algoritma terbaru google ini lebih mengusung terhadap artikel yang berkualitas dan SEO untuk mesin pencari, tetapi juga untuk pengguna.

Tidak sedikit artikel yang membahas tentang artikel yang SEO friendly, namun hanya beberapa saja yang mudah diaplikasikan dalam praktek langsung, bahkan ada beberapa artikel yang masih menggunakan teknik jadul dalam penerapan artikel SEO friendly, padahal penerapan teknik seperti itu sudah tidak sesuai lagi dengan update algoritma terbaru.

Kali ini saya akan membahas cara menulis artikel SEO friendly yang wajib anda ketahui, dengan harapan para pembaca artikel ini dapat mengetahui dan memahami seperti apa penulisan artikel yang berkualitas SEO untuk saat ini.

Ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel yang SEO friendly, yaitu:

 

Artikel Berkualitas SEO
Artikel Berkualitas SEO

1. Pengalaman Pengguna (User Xperience)

Pengalaman pengguna menjadi salah satu point penting dalam membuat artikel yang seo friendly, kita tahu update algoritma google yang baru ini lebuh difokuskan terhadap pengalaman pengguna (user experience).
Pada dasarnya, User Xperince atau disingkat (UX) memiliki penilaian yang lebih natural terhadap suatu artikel, tidak seperti konten atau backlink yang mudah di manipulasi, user xperience memungkinkan untuk menekan praktek manipulasi rangking, sehingga google dapat menentukan artikel mana yang benar-benar berbobot dan berkualitas.

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan istilah pengalaman pengguna (user experience). saya akan ulas sedikit tentang apa itu pengalaman pengguna (user xperience).

User xperience atau biasa disebut dengan pengalaman pengguna adalah aktifitas dan respon pengguna ketika sedang berada disebuah web/blog, mulai dari seberapa lama meraka membaca blog, seberapa sering artikel blog tersebut di share ke sosial media, seberapa banyak orang menyukai artikel tersebut, dll.
Semakin lama mereka membaca blog tersebut, maka akan semakin membawa pengaruh baik terhadap blog itu sendiri.

Tapi sebaliknya, jika para pengunjung blog membaca artikel dengan durasi kurang dari satu menit dan langsung keluar dari blog tersebut, itu mengindikasikan bahwa artikel tersebut kurang berbobot/berkualitas, dan jika aktifitas seperti itu berlangsung dengan intensitas yang lebih tinggi, maka akan mengakibatkan peningkatan bounce pada blog itu sendiri, keadaan seperti ini akan berdampak kurang bagus terhadap blog.

Kesimpulannya, semakin lama pengunjung dalam membaca artikel pada sebuah blog, maka google dapat mendeteksi dan mengindikasikan artikel pada blog tersebut memiliki bobot berkualitas, kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari bahwa google mampu memantau segala aktifitas pada blog kita.

Walaupun kita sudah berusaha mati-matian untuk membuat arikel yang bagus, tetapi tidak dibarengi dengan seo friendly, saya rasa itu masih kurang, karena kita tau tujuan utama kita membuat artikel blog adalah bukan untuk google semata, melaikan untuk dibaca orang banyak, dan user friendly adalah penentu apakah artikel blog kita berkualitas atau tidak, karena google menggunakan user xperience sebagai salah satu penentu faktor perangkingan situs.

Ada banyak sekali yang menjadi kategori user xperience, salah satunya konten yang sangat berkualitas, sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang konten yang berkualitas, tak ayal memang, karena kita ketahui salah satu faktor penunjang kepopularitasan sebuah blog adalah konten yang berkualitas.

Selain konten yang berkualitas, anda juga harus memperhatikan faktor lain yang tak kalah pentingnya dalam menunjang user xperience, yaitu adanya tombol navigasi, tombol share untuk memudahkan pembaca membagikan artikel blog anda ke sosial media, blog yang indah dan enak dipandang juga menjadi faktor penunjang user xperien, tak hanya itu, cobalah buat blog yang simpel dalam artian blog anda memiliki disain template yang keren namun tetap mengutamakan seo friendly.

Banyak sekali template gratis yang unik dan keren yang bisa anda download di google, seperti contohnya blog saya ini yang menggunakan template gratisan punya nya Mas Sugeng, klo Anda tertarik dan mau mendownloadnya silahkan klik di sini bahkan template ini digunakan oleh Master SEO yaitu Mas Eka Lesmana, klo gak percaya ini dia videonya.


Tapi ingat, template yang anda gunakan haruslah template yang ringan dan mudah dinavigasi, serta tidak berat dalam proses loading (renponsif desain).

Dengan begitu para pembaca akan merasa nyaman dengan tampilan disain yang anda sajikan, jika artikel anda berkualitas dan dibalut dengan tampilan template yang keren dan enak dipandang, bukan tidak  mungkin para pembaca blog anda akan mengunjungi blog anda kembali, karena merasa blog anda mempunyai kualitas dan tampilan yang sangat menarik.

Sebagai contoh, Misalkan Anda sebagai tukang pangkas rambut, ketika ada orang yang datang ke pangkas rambut Anda, sudah pasti mereka ingin potong rambut, bukan membeli combro,,hehe (kidding).

Jika Anda melayani orang tersebut dengan pelayanan yang baik dan memberikan potongan rambut yang diinginkan, sudah pasti contumer tersebut akan merasa puas dengan hasil kerja Anda, dan ketika suatu saat customer tersebut ingin memotong rambutnya kembali, dengan sendirinya dia akan datang ke tempat Anda, tanpa harus Anda minta, karena customer tersebut sudah mengetahui pelayanan dan hasil kerja anda.

Contoh diatas adalah sebagai gambaran bahwa jika Anda melakukan yang terbaik dalam pelayanan yang maksimal, sudah tentu pelanggan akan merasa puas dan akan datang kembali ketika dia membutuhkan pelayanan yang sama, begitu juga dengan para pembaca blog Anda, mereka akan balik ke blog anda untuk membaca blog kembali karena merasa blog anda berkualitas dan mereka dapt mengambil manfaat setelah membaca blog Anda.

2. Judul Artikel Unik Dan Menarik Yang Mengundang Klik.

Judul yang mengundang klik adalah judul yang unik dan menarik dan tentunya judul tersebut mengandung kata kunci didalamnya, dengan memasukan kata kunci pada judul, akan memudahkan google untuk meng-Crawl judul dari artikel ketika ada pencarian yang relevan dengan kata kunci yang anda bidik, jika anda pintar dalam membuat judul yang unik dan terdapat kata kunci di dalamnya, tentunya hal tersebut akan memudahkan Anda untuk bersaing dalam mendapatkan rangking 1 di serp google.

Banyak sekali judul-judul artikel yang setema dengan judul artikel anda, jika anda tidak pintar dalam membuat judul artikel, artikel anda pun akan sangat sulit dalam bersaing di serp google.

untuk bersaing mendapatkan rangking 1 di serp google tidaklah mudah, karena bukan hanya Anda saja yang membahas topik tersebut, hampir lebih dari 200 orang yang membahas artikel dengan judul yang Anda gunakan untuk artikel Anda. Coba anda masuk ke browser dan ketikan keyword yang Anda gunakan untuk judul artikel Anda, kemudian lihatlah, ada banyak artikel dengan judul-judul yang hampir mirip dengan judul artikel Anda, judul artikel yang unik dan menarik yang menduduki posisi paling atas, itu menandakan bahwa judul artikel yang unik dan menarik dengan kata kunci yang disisipkan didalamnya, akan mampu bertengger di posisi paling atas.

Untuk itu, anda harus lebih pintar dalam mengkolaborasikan kata kunci yang anda bidik denga title yang unik yang mendatangkan klik. Saya sarankan agar meletakan kata kunci diawal kata, penempatan kata kunci diawal kata dengan mengutamakan agar judul tetap enak dibaca  akan lebih baik dari pada ditengah atau diujung judul.

3. Menaruh keyword pada subjudul.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam membuat artikel yang SEO friendly adalah dengan meletakan keyword pada subjudul, subjudul/sub-topik dalam pembahasan pada artikel anda.

Subjudul/subtopik pembahasan biasa ditandai dengan ukuran hurup yang lebih besar dan tebal dibandingkan denga huruf-huruf yang lainnya pada isi artikel. upayakan dalam subjudul terdapat keyword yang anda bidik.

4. Menaruh Keyword Di Setiap Paragrap Secara Merata

Maksudnya, sebarlah keyword disetiap paragrap artikel secara natural agar artikel tetap enak dibaca, dengan menyebarkan keyword ke seluruh paragrap artikel akan memperkuat pembahasa dari inti keyword yang Anda bidik.

Keuntungan lain jika kita menyebarkan keyword ke setiap paragrap yaitu akan mempermudah google boot dalam mengindeks postingan, google boot akan mendeteksi apakah isi artikel relevan dengan judul postingan Anda, dengan begitu proses pengindekan postingan akan lebih cepat dilakukan.

5. Tulislah Artikel Yang Detail Dalam Menyampaikan Pembahasan.

Dalam sebuah pembahasan suatu topik diharuskan untuk mengupasnya secara detail, agar tujuan yang dimaksudkan dalam pembahasan suatu topik tersebut dapat dicerna dengan baik oleh pembaca, artikel yang baik adalah artikel yang memberikan informasi yang lengkap, deskriptif dan lugas.

Tuliskan informasi-informasi yang sesuai dengan topik yang Anda bahas, sertakan pula sumber-sumber terpercaya agar pembaca yakin bahwa artikel yang Anda buat berdasarkan riset yang telah Anda lakukan bukan hasil karangan Anda.

Selain itu, dengan menyertakan sumber-sumber terpercaya akan menambah bobot kualitas terhadap artikel yang Anda buat,  banyak sekali orang yang berpendapat bahwa artikel yang berkualitas adalah artikel yang panjang yang berisi lebih dari 1000 suku kata, itu sih sah-sah aja, selama artikel tersebut masih mengutamakan isi kualitas dari artikel tersebut.

Namun jika anda ngotot membuat artikel panjang dengan isi yang gak jelas (kebanyakan basa-basi dan pembahasannya muter-muter kayak bunderan HI), itu akan sia-sia, dan saya sarankan agar membuat artikel dengan mengupayakan kualitas bukan kuantitas semata.

6. Menyisipkam 2-4 Internal Link

Setiap Anda membuat artikel baru, sisipkan internal link sekitar 2-4 yang mengarah ke artikel  yang lain yang Anda miliki yang pembahasannya relevan dengan artikel yang Anda buat, selain untuk mengoptimasi seo on-fage pada blog Anda, menyisipkan internal link juga akan menambah pengetahuan si pembaca untuk mendapatkan informasi yang lengkap, dan dapat memperkuat antara halaman satu dengan halaman yang lainnya, dengan begitu Anda pun akan mendapatkan keuntungan dalam menyisipkan sebuah internal link ke artikel yang lain dengan tujuan mendapatkan link juice.

Beberapa kontropersi pun muncul dalam pembahasan tentang peletakan internal link dalam sebuah artikel, ada yang mengatakan dalam meletakan internal link diharuskan kurang dari 5, ada juga yang mengatakan internal link bisa diletakan 4-7 link dalam satu artikel, menurut saya pribadi, meletakan internal link maksimal 5 link yang diletakan dalam satu artikel itu lebih bagus, pasalnya, terlalu banyak meletakan internal link di sebuah artikel akan sedikit mengganggu si pembaca, memang sah-sah saja meletakan internal link berapa pun juga, tapi balik lagi ke point pertama, yaitu tentang user xperience (pengalaman pengguna).

Jika menurut Anda meletakan banyak internal link dalam satu artikel tidak mengganggu pembaca, maka Anda boleh melekan internal link sebanyak yang Anda inginkan, tapi jika menurut Anda meletakan internal link yang terlalu banyak (7-10) dapat mengganggu pengguna, maka saya sarankan jangan, jadi dalam hal peletakan internal link itu kembali kepada Anda sendiri.

7. Meletakan Eksternal Link Ke Authority Yang Relevan Dengan Artikle Anda.

Selain meletakan internal link, anda juga dapat meletakan eksternal link ke authority yang setema dengan artikel Anda, meletakan eksternal link sebaiknya memberi link dofollow, jangan pernah beranggapan bahwa memasang link dofollow akan menyebabkan dampak buruk terhadap blog Anda, buang jauh-jauh pendapat seperti itu, karena seperti yang kita ketahui memasang link dofollow ke situs web yang terpercaya, maka blog Anda akan mendapat respon yang bagus dari google, karena Anda selalu mereferensika situs web yang terpercaya di google.

Meletakan link dofollow ke situs web terpercaya juga dapat memberikan hal positif bagi si pembaca, mereka akan mendapatkan informasi tambahan yang membuat si pembaca merasa puas dengan apa yang dia dapatkan setelah membaca artikel blog Anda.

8. Abaikan Tentang KehawatiranMenggunakan Keyword Density.

Seperti yang telah saya katakan bahwa google saat telah mengupdate Algoritma dalam SEO, termasuk dalam hal SEO friendly, untuk algoritma terbaru ini ada sudah tidak perlu lagi dengan keyword density, pasalnya google sekarang ini sudah lebih pintar lagi dalam menentukan bobot kualitas dalam sebuah artikel, untuk saat ini, penggunaan keyword density cukup beberapa saja selebihnya dibantu dengan menggunakan sinonim yang berhubungan dengan keyword yang Anda bidik, dengan menggunakan sinonim sebuah keyword akan lebih efektif dari pada Anda menggunakan keyword dalam setiap paragrap yang ada di artikel Anda. Hal ini akan berdampak buruk untuk blog Anda, karena google akan menganggap adanya praktek spam di dalam artikel Anda.

9. Hindari Penggunaan Edit Font Yang Berlebihan.

Banyak sekali yang salah menafsirka tentang penggunaan font, mereka kerap mengedit font (bold, italic, underline) secara berlebihan, padahal itu tidak bagus untuk SEO saat ini, mungkin trik ini sah-sah saja dilakukan sebelum google mengupdate algoritma, akan tetapi untuk sekarang ini penggunaan edit font yang sangat berlebihan tidak efektif lagi, malah akan berdampak jelek untuk blog Anda.

Pergunakanlah edit font sewajarnya saja, jika Anda ingin menebalkan/menggaris bawahi suatu keyword, saya rasa 2-3 keyword saja sudah cukup, hal ini ditujukan agar pembaca merasa nyaman dengan tulisan-tulisan yang natural.

jika anda over dalam mengedit keyword (bold/italic) akan mengakibatkan Pembaca merasa terganggu dengan keadaan seperti itu, jadi sekali lagi saya tegaskan untuk pemakaian bold, italic dan underline gunakan lah se-efektif mungkin, agar menghasilkan tulisan yang enak dan nyaman untuk dibaca.


10. Memaksimalkan Penggunaan h1, h2 dan h3.


Pengunaan h1, h2, h3

Memaksimalkan penggunaan elemen h1, h2, h3 dalam penerapan sebuah artikel memanglah penting, Anda pastinya sudah tau tentang bagaimana cara penerapan element-element ini.

Saya akan sedikit mengulas tentang bagaimana penerapan element h1, h2, h3.
Element heading h1, h2, h3 ini digunakan untuk menentukan element-elemen terpenting pada suatu halaman web.

Di theme-theme default Blogspot dan Wordpress penggunaan h1 biasanya digunakan untukjudul website, sedangkan untuk h2 dan h3 digunakan untuk judul postingan dan elemen-elemen website yang lainnya seperti, related post, dan widget.

11. Menempatkan Keyword Pada URL

Selain judul, kata kunci (keyword) juga harus terkandung di dalam URL artikel Anda, Menempatkan keyword pada URL merupakan salah satu optimasi SEO on-fage, dengan menempatkan keyword pada URL akan membantu google untuk lebih mudah dalam meng-crawl artikel Anda, gunakanlah URL yang pendek namun memiliki keyword di dalamnya.

Anda dapat mengedit alamat Url, caranya klik tautan permanen (permalink) lalu edit url pada kolom tautan tersebut, jika sudah selesai lalu klik simpan.

12. Menaruh Kata Kunci Pada Deskripsi Artikel

Selain menempatkan keyword pada judul dan alamat url, keyword juga harus terkandung di dalam deskripsi artikel, deskripsi artikel biasanya akan ditampilkan oleh google pada hasil pencarian search engine, keyword yang terkandung dalam deskripsi juga memiliki fungsi agar google dapat dengan cepat mengenal dan mengindeks artikel Anda.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog | Sudah Terbukti

13. Menaruh Keyword Pada Subjudul.

Langkah yang harus anda lakukan dalam membuat artikel yang SEO friendly adalah dengan meletakan keyword pada subjudul, subjudul adalah sub-topik dalam pembahasan pada artikel anda.
Subjudul/subtotik pembahasan biasa ditandai dengan ukuran hurup yang lebih besar dan tebal dibandingkan denga huruf-huruf pada lainnya pada isi artikel. upayakan dalm subjudul terdapat keyword yang anda bidik.

14. Gunakan Gambar Yang Mengandung Kata Kunci.

Dalam menyiasati agar pembaca tidak cepat merasa jenuh karena membaca artikel yang begitu panjang, maka saya sarankan agar setiap kali membuat artikel, usahakan Anda menyisipkan minimal satu gambar yang relevan dengan topik pembahasan artikel Anda.

penggunaan gambar dalam sebuah artikel cukup membantu dalam penerapan artikel berkualitas SEO, selain itu anda juga bisa meletakan keyword pada properti dan add caption gambar. Hal ini ditujukan agar disaat search engine (mesin pencari) meng-crawl artikel Anda, search engine dapat mendeteksi keberadaan gambar tesebut, bahwa gambar yang terdapat dalam artikel tersebut, relevan dengan keyword/topik yang dibahas, hal ini tentu akan sangat membantu terhadap artikel blog Anda.

Mungkin itu saja pembahasan tentang bagaimana Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO, semoga dengan artikel ini akan menambah semangat Anda dalam membuat artikle yang berkualitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

image: menjaga kesehatan tubuh secara alami Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah aset yang sangat berharga dalam kehidupan kita, menjaga tubuh agar tetap sehat adalah hal yang harus dilakukan bagi semua orang, agar dapat melakukan aktifitas kerja sehari-hari dengan lancar. Aktifitas yang begitu padat tentu akan sangat menguras energi dalam tubuh kita, untuk itu betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita agar tubuh tidak mudah drop walaupun dihadapi dengan berbagai macam aktifitas sehari-hari. Agar tubuh kita selalu sehat dan bugar, hal yang harus kita lakukan adalah berpola hidup yang sehat , jika kita sudah terbiasanya dengan pola hidup yang sehat, maka akan sangat baik bagi tubuh kita.   Lantas apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar?  Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut tips menjaga kesehata tubuh secara alami. 1. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bergizi Tinggi Tubuh k

OPTIMASI SEO: 7 Cara Menulis Artikel Berkualitas Seo

Optimasi Seo Membuat artikel memang mudah, namun membuat artikel berkualitas Seo itu tidak mudah. Ketika kita mengelola sebuah blog, sudah tentu tidak bisa terlepas dari SEO (Search Engine Optimization). Menurut para pakar Seo, menyebutkan bahwa Seo adalah metode optimalisasi website yang bertujuan untuk menjadikan website kita bisa mendapatkan hasil yang optimal pada mesin pencari google. Dengan penerapan Seo yang optimal, blog/web kita bisa masuk ke halaman pertama bahkan mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari google (google search engine). Seo terbagi menjadi 2 macam yaitu seo on-page dan Seo off-page. Seo on-page adalah optimasi yang dilakukan dalam situs web. Sedangkan Seo off-page adalah kebalikannya dari Seo onpage yaitu optimasi yang dilakukan di luar web. Berikut cara membuat artikel yang optimal dalam Seo on-page. 1. Buatlah judul yang unik dan menarik yang mengandung kata kunci. Dalam langkah membuat artikel yang optimal dalam Seo (berkualitas s

Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Di Google Kurang Dari 5 Menit

Google Indexing Ketika artikel baru sudah selesai dibuat dan dipublikasikan, bukan berarti tugas anda sudah selesai sampai disini, masih ada hal penting yang harus anda lakukan, yaitu anda harus mengusahakan agar artikel yang baru anda buat bisa cepat dikenali dan diindeks oleh google. Semua artikel baru tentunya akan diindeks dan dikenali oleh mesin pencari (search engine) google, namun google memerlukan waktu beberapa hari agar artikel baru bisa dikenali dan diindeks. Itulah alasannya mengapa harus dilakukan beberapa cara agar artikel baru anda bisa langsung terindeks di google. Hal ini memang penting anda lakukan, karena akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan popularitas blog anda. Seperti kita ketahui, hampir 70% pengunjung yang datang dari mesin pencari Google , Bing dan Yahoo, hal ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk menjaring lebih banyak pengunjung ke blog anda. Agar para pengunjung bisa menemukan artikel/postingan anda, tentunya artikel harus terinde