Langsung ke konten utama

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog | Sudah Tebukti

Diartikel kali ini saya akan membahas Cara Mendapatkan Uang Dari Blog, memang sudah banyak artikel yang menjelaskan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, namun saya akan membahasnya berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Kita tahu bahwa blog yang kita kelola dapat digunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang, namun ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar blog Anda dapat digunakan untuk menghasilkan uang.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
image: Menghasilkan Uang Dari Blog

 Agar Blog Anda Bisa Menghasilkan uang, Ada Beberapa Langkah Yang Harus Anda Lakukan:

1. Mendaftarkan blog/website Anda ke Google Adsense

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan cara menjadi publisher Google Adsense.

Google Adsense adalah salah satu perusahaan besar yang memiliki program PPC yang sangat terkenal dan memiliki publisher terbanyak di dunia, salah satunya di Indonesia.

Sekarang ini telah banyak publisher Indonesia yang telah bergabung dengan Google Adsense. pasalnya, pembayaran Google Adsense sudah terbukti, selain bayaran yang diberikan cukup besar dibandingkan dengan affiliasi-affiliasi lainnya, pembayaran yang dilakukannya pun terbukti dan tepat waktu, maka dari itu banyak sekali publisher-publisher yang ingin begabung dengan Google Adsense.

Jika Anda ingin bergabung dengan Google Adsense, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi, yaitu:

google adsense
google adsense

  • Blog/Web Anda harus sudah memiliki trafik yang tinggi.
  • Blog/Website Anda harus sudah berusia 6-7 bulan atau lebih (bukan blog baru).
  • Umur/usia Pemilik Blog minimal 18 tahun.
  • Blog tidak mengandung konten-konten yang dilarang google (fornografi, sara, kekerasan, dll).
  • Konten dalam artikel blog tersebut harus fresh dan bukan konten hasil copy-paste.

Jika Anda sudah memenuhi syarat-syarat diatas, Anda bisa langsung mendaftarkan ke Google Adsense, apabila Anda sudah diterima oleh Google Adsense, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasangkan iklan-iklan Google Adsense pada artikel-artikel blog Anda, dengan begitu Anda akan bisa menghasilkan uang dari blog sendiri.

Pembayaran akan dilkaukan oleh pihak Google Adsense ketika Anda sudah mempunyai klik yang valid dari iklan tersebut dengan batasan klik yang sudah ditentukan oleh Google Adsense.

Anda jangan sekali-sekali untuk melakukan klik pada iklan yang ada di artikel web/blog Anda sendiri, karena jika Anda melakukan hal itu, Anda akan diberikan sanksi atau malah akan langsung dikeluarkan dari keanggotaan Google Adsense tersebut.

Maka saya sarankan dari pada Anda berfikir untuk melakukan hal seperti itu, mendingan Anda berfikir bagaimana caranya agar blog Anda banyak pengunjung, karena jika blog Anda dibanjiri pengunjung blog setiap harinya maka akan berpotensi untuk mendapatkan banyak klik yang valid pada iklan Anda, dan itu akan lebih baik terhadap Anda dan blog Anda sendiri.

2. Mendaftarkan Blog Ke Affilisi-Affiliasi Gratis

Cara kedua ini hampir mirip dengan point pertama, yaitu dengan mendaftarkan blog ke affiliasi-affiliasi gratis.

Banyak sekali affiliasi-affiliasi gratis yang dapat diajak bekerja sama, untuk mendaftarkannya pun tidak sulit, Anda hanya harus mengisi form pendaftaran sesuai yang diminta, jika Anda sudah resmi menjadi anggota, Anda bisa memasangkan iklan affiliasi tersebut di blog Anda.

Seperti halnya Google Adsense, affiliasi gratis ini pun akan membayar jika Anda sudah berhasil mendapatkan banyak klik valid pada iklan yang Anda pasang di blog Anda. Biasanya affiliasi akan melakukan transfer pembayaran, Jika klik yang valid sudah sampai pada batasan yang telah ditentukan.

Jika Anda berminat untuk memasang iklan pada blog Anda, saya akan menyarankan untuk mendaftarkan blog Anda ke Affiliasi-affiliasi berikut ini, karena affiliasi-affiliasi tersebut sudah terbukti membayar, dan telah banyak publisher yang telah bergabung.

Berikut ini daftar Affiliasi-affiliasi yang terbukti membayar:

* Komisi Gratis
* Idaff Marketplace
* Ratakan Marketplace
* Dropshipper Bisinfo

3. Menyediakan Ruang Iklan Kepada Para Pelaku Usaha

Dengan menyediakan ruang iklan kepada pelaku usaha dengan harapan mereka mau bergabung untuk memasangkan iklan produk/jasa mereka di blog Anda, biasanya para pelaku akan bersedia untuk memasangkan iklan produk/jasa mereka. Namun sebelum itu Anda harus mempresentasikan blog Anda terlebih dahulu kepada mereka, Anda bisa menunjukan kepada mereka (pelaku usaha) bagaimana blog Anda dikelola, siapa saja yng mengelola blog Anda, berapa anggota followers blog Anda, berapa banyak pengunjung perhari dll.

Dengan mempresentasikan blog Anda kepada mereka, hal ini akan menambah kepercayaan mereka terhadap blog Anda, dengan begitu mereka akan lebih yakin untuk memasangkan iklan produk/jasa mereka di blog Anda.

Biasanya mereka akan memantau perkembangan iklan yang ada di blog Anda, apakah dengan dipasangnya iklan di blog Anda dapat mempengaruhi omset mereka (naik/turun), jika dalam sebulan omset merek naik drastis, itu berarti pemasangan iklan pada blog Anda sangat berpengaruh terhadap trafik penjualan produk mereka.

Jika keadaan sepreti itu bertahan dan makin terus bertambah, maka bukan tidak mungkin mereka akan memperpanjang kontrak pemasangan iklan mereka di blog Anda, dan Anda pun akan mempunyai visitor tetap pada blog Anda, dengan begitu Anda akan mempunyai penghasilan sampingan dari upah pemasangan iklan tersebut.

4. Memasng Banner Produk/Jasa Anda Pada Blog

Jika Anda ahli dalam membuat suatu produk, sebaiknya Anda memasangkan banner iklan tentang produk tersebut pada blog Anda, dengan memasangkan banner iklan, diharapkan agar lebih banyak lagi orang yang tau tentang produk Anda, semakin banyak orang mengetahui tentang produk Anda maka akan semakin berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk tersebut.

Dengan begitu Anda memiliki keuntungan (1) penjualan produk Anda akan semakin meningkat, (2) Anda dapat menhemat biaya iklan, dan blog Anda pun bisa lebih bermanfaat lagi untuk menghasilkan uang.

5. Menjadi Penulis Artikel Produk Orang Lain (Paid Review)

Menjadi penulis artikel yang membahas suatu produk juga bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan uang dari blog, bahkan blogger-blogger papan atas pun sudah banyak yang menghasilkan uang dari blog dengan menjadi Paid Review, Namun untuk mereview suatu produk tidak lah mudah, Anda harus memilki keahlian khusus, karena jika Anda tidak menguasai keahlian tersebut akan mempengaruhi popularitas produk tersebut.

Baca Juga: 14 Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Yang Wajib Diterapkan Di Blog

Dalam melakukan hal ini Anda harus mempunyai pengalaman dalam mempromosikan suatu produk, dalam arti Anda harus pintar dalam mengambil perhatian para pembaca dan membuat pembaca tertarik dengan produk yang Anda promosikan di artikel Anda (review produk).

Jika Anda mampu menarik perhatian dan minat para pembaca, saya yakin akan banyak perusahaan yang ingin produk mereka di review oleh Anda, jika sudah begitu, Anda tidak harus pusing-pusing lagi dalam menghasilkaan uang dari blog Anda.

6. Menjual Blog Anda

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari sebuah blog, biasanya para blogger akan menjual blognya karena bebrapa alasan, yaitu:
karena dia sedang membutuhkan tambahan uang, itu alasan yang sering saya dengar dari para blogger yang menjual blognya, yang kedua, biasanya para blogger menjual blognya karena mereka sudah tidak punya banyak waktu untuk mengurus blog, sehingga blog tersebut tidak terawat lagi, dari pada blog tersia-siakan, maka mereka menjual blog tersebut.

Jika Anda ingin menjual blog Anda ke orang lain, tapi tidak tau caranya atau Anda tidak mempunyai kenalan yang bisa menjual blog Anda, saya sarankan agar Anda menggunakan jasa broker atau calo, hal itu akan memudahkan Anda untuk menemukan calon pembeli yang berpotensial.

Mungkin itu saja yang dapat saya share tentang bagaimana Mendapatkan Uang Dari Blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPTIMASI SEO: 7 Cara Menulis Artikel Berkualitas Seo

Membuat artikel memang mudah, namun membuat artikel berkualitas Seo itu tidak mudah.

Ketika kita mengelola sebuah blog, sudah tentu tidak bisa terlepas dari SEO (Search Engine Optimization).

Menurut para pakar Seo, menyebutkan bahwa Seo adalah metode optimalisasi website yang bertujuan untuk menjadikan website kita bisa mendapatkan hasil yang optimal pada mesin pencari google.

Dengan penerapan Seo yang optimal, blog/web kita bisa masuk ke halaman pertama bahkan mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari google (google search engine).

Seo terbagi menjadi 2 macam yaitu seo on-page dan Seo off-page.

Seo on-page adalah optimasi yang dilakukan dalam situs web.

Sedangkan Seo off-page adalah kebalikannya dari Seo onpage yaitu optimasi yang dilakukan di luar web.

Berikut cara membuat artikel yang optimal dalam Seo on-page.
1. Buatlah judul yang unik dan menarik yang mengandung kata kunci.

Dalam langkah membuat artikel yang optimal dalam Seo (berkualitas seo), pastikan judul yang anda buat unik d…

14 Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Yang Wajib Diterapkan Di Blog

Mungkin kita sudah tahu bagaimana cara membuat artikel yang bagus, akan tetapi dalam membuat artikel harus berbobot dan berkualitas, tidak hanya itu, artikel yang kita tulis haruslah artikel yang SEO friendly.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel "7 cara membuat artikel berkualitas SEO", karena saya fikir artikel ini terlalu panjang untuk dibuat dalam satu artikel.

Belum lama ini Google telah melakukan update sistem algoritma yang terbaru, dalam update algoritma terbaru google ini lebih mengusung terhadap artikel yang berkualitas dan SEO untuk mesin pencari, tetapi juga untuk pengguna.

Tidak sedikit artikel yang membahas tentang artikel yang SEO friendly, namun hanya beberapa saja yang mudah diaplikasikan dalam praktek langsung, bahkan ada beberapa artikel yang masih menggunakan teknik jadul dalam penerapan artikel SEO friendly, padahal penerapan teknik seperti itu sudah tidak sesuai lagi dengan update algoritma terbaru.

Kali ini saya akan membahas cara menulis artikel…