Langsung ke konten utama

Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Di Google Kurang Dari 5 Menit

Google Indexing
Google Indexing

Ketika artikel baru sudah selesai dibuat dan dipublikasikan, bukan berarti tugas anda sudah selesai sampai disini, masih ada hal penting yang harus anda lakukan, yaitu anda harus mengusahakan agar artikel yang baru anda buat bisa cepat dikenali dan diindeks oleh google.

Semua artikel baru tentunya akan diindeks dan dikenali oleh mesin pencari (search engine) google, namun google memerlukan waktu beberapa hari agar artikel baru bisa dikenali dan diindeks.

Itulah alasannya mengapa harus dilakukan beberapa cara agar artikel baru anda bisa langsung terindeks di google.

Hal ini memang penting anda lakukan, karena akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan popularitas blog anda.

Seperti kita ketahui, hampir 70% pengunjung yang datang dari mesin pencari Google, Bing dan Yahoo, hal ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk menjaring lebih banyak pengunjung ke blog anda.

Agar para pengunjung bisa menemukan artikel/postingan anda, tentunya artikel harus terindeks di search engine google terlebih dahulu, agar search engine (mesin pencari) dapat meng-crawl (merayapi) dan menemukan artikel anda ketika ada pencarian dengan keyword yang relevan dengan artikel anda, maka peluang artikel anda muncul dihasil pencarian google akan lebih besar.

Untuk itu anda perlu melakukan beberapa cara agar artikel baru anda bisa cepat dikenali dan diindeks oleh Google/Bing dan Yahoo.

Berikut ini beberapa cara yang harus anda lakukan agar artikel cepat terindeks di google.


Submit SiteMap ke Search Engine Google/Bing


Mensubmit sitemap ke search engine google/bing adalah cara pertama yang harus anda lakukan, dengan mensubmit sitemap ke google akan memudahkan mesin pencari google menjelajahi situs anda, sehingga situs anda akan lebih cepat diindeks google.

Sitemap merupakan sebuah daftar isi yang berfungsi untuk menerangkan isi dari sebuah blog/web anda. sitemap ini berupa XML, yaitu sebuah bahasa yang hanya dimengerti oleh search engine google.

Sitemap atau yang sering disebut peta situs adalah salah satu factor yang mampu mempercepat proses pengindeks-an, agar situs anda bisa lebih cepat dirayapi oleh mesin pencari google.

Bagi anda pengguna wordpress bisa membuat sitemap dengan menggunakan plugin, namun bagi anda pengguna blogspot, anda tidak perlu repot-repot untuk membuatnya, karena biasanya sudah terintegrasi, seperti contoh-contoh berikut ini.
  •  http://ragamedukasi.blogspot.com/sitemap.xml
  • http://ragamedukasi.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&strat-index=1&maxresults=500
  • http://ragamedukasi.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=update

Anda bisa mensubmit sitemap anda ke google webmaster tools, untuk bing dan yahoo anda bisa mensubmitnya ke Bing webmaster tools.

Ping Ke Google/Bing, Yahoo


Melakukan Ping (bersiul)  merupakan metode/cara untuk memberitahukan kepada google bahwa sudah ada artikel baru yang siap untuk diindex.

Dengan melakukan Ping ke google/bing spider akan mempercepat artikel baru anda terindex oleh Google/Bing spider.

Ada banyak situs layanan ping online yang bisa anda gunakan, berikut ini situ layanan ping online:

Googleping.com
Pingomatic.com
Pingler.com
Pingoat.com

Link Building


Sudah banyak artikel yang telah membahas mengenai Link Building ini, namun tidak ada salahnya jika saya mengulas sedikit tentang link building.

Link Building atau membangun backlink memang telah menjadi rutinitas bagi para blogger, dengan membangun link building diharapkan agar bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, namun membangun backlink haruslah dengan cara bersih, aman, dan natural.

Membangun backlink yang berkualitas dan natural tentunya akan berdampak sangat baik bagi blog anda, karena google sangat menyukai blog yang memiliki backlink yang berkualitas dan natural, dan ini akan mempermudah blog anda untuk cepat terindex dimesin pencari google (SERP).

Namun untuk mendapatkan backlink yang berkualitas itu tidaklah mudah, apalagi dengan cara yang natural (aman). Anda harus sabar pastinya, karena membangun backlink berkualitas harus dilakukan secara real time, dan tidak terkesan grasak-grusuk.

Banyak dari para bloger yang tidak sabar untuk mendapatkan backlink dengan cara agak sedikit melenceng dari ketentuan google.

Jika anda melakukan hal yang serupa, maka akan mempersulit artikel anda untuk dapat diindex di google dengan cepat, atau malah blog anda kena pinalti dari google.

Bukannya dapat backlink malah kena hukum dari Google?!

Sekali lagi saya tekankan, Buatlah backlink berkualitas dengan cara aman (tidak menyalahi aturan yang ada) agar blog anda panjang umur dan makin baik dimata google, dengan begitu blog anda pun akan lebih mudah dan lebih cepat diindex oleh mbah google.

Submit Artikel Baru Ke SosBook (Sosial Bookmark)


Biasanya ketika saya selesai membuat satu artikel dan mempublishnya, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah membagikannya ke sosbook.

Kenapa hal itu dilakukan?

Karena dengan mensubmit artikel ke sosbook adalah salah satu cara untuk cepat terindex googel, bukan hanya itu, melakukan submit artikel ke sosbook juga akan membatu dalam meningkatkan trafik blog anda, pengunjung sosbook saat ini sudah lumayan banyak, ya.. Walaupu masih di bawah google, tapi lumayanlah buat nambah-nambah trafik blog.

Ada hal penting yang mesti anda ingat, gunakan sosbook sebagaimana mestinya.

Maksudnya begini..

Jika anda melakukan submit artikel baru ke sosbook, saya sarankan jangan terlalu sering, lakukan sewajarnya saja,anda bisa melakukannya 1 minggu sekali, 2 minggu atau 1 bulan.

Kenapa begitu?

Karena jika terlalu sering mensubmit ke sosbook dengan intensitas tinggi (1 minggu>200 artikel) maka blog anda akan dicap sebagai spamer, dan kalau sudah begitu blog anda bakalan di blok sama sosbook tersebut.

Jadi gunakan sosbook sebagaimana mestinya, agar blog anda tidak diblok, dan anda pun akan lebih nyaman dalam menggunakan sosbook tersebut.

Share Artikel Baru Ke Media Sosial

 

Cara ini hampir sama dengan cara diatas, yaitu men-share artikel ke sosial media sepeti  Google+, Facebook, Twitter, Pinterst, Linkedin, dll.

Melakukan share artikel ke sosial media ini kerap dilakukan oleh para blogger, alasan mereka menshare artikel ke sosial media adalah tiada lain-tiada bukan untuk menjaring trafik blog dari sosial media.

selain itu, melakukan share ke berbagai sosial media juga dapat membatu untuk pengindeks-an artikel anda di google, karena dengan  menshare ke sosmed akan memicu banyaknya pengunjung yang datang ke blog anda, dan hal ini memungkinkan google untuk segera melakukan pengindeks-an terhadap artikel tersebut.

Internal Link


Dalam membuat postingan diharuskan untuk menaruh internal link 3-5, selain untuk mengoptimasi sebuah postingan, internal link juga sangat berperan dalam pengindeks-an ke google.

Internal link atau link antar artikel dari satu halaman website yang menuju halaman lain dalam website itu sendiri, link yang dimasukan pada postingan harus memiliki topik yang relevan dengan artikel/postingan itu sendiri.

Dengan memasukan 3-5 internal link akan memudahkan google untuk mengcrawl dan menjelajahi situs anda secara keseluruhan. Struktur yang rapih dalam suatu web akan lebih cepat diindex dengan baik oleh search engine.

Selain itu, memsang internal link akan sangat membantu bagi para pembaca anda untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan pembaca blog anda akan semakin betah untuk berlama-lama membaca blog anda, dan itu akan menambah nilai plus terhadap blog yang anda miliki.

Update Postinagn Secara Teratur dan Konsisten


Selain untuk memperbanyak postingan, mengupdate arikel secara konsisten juga akan menunjukan keseriusan anda dalam mengelola sebuah blog. selain itu, jika anda rutin mengupdate postingan, search engine pun akan lebih sering untuk mengcrawl ke situs anda. tentu hal ini akan sangat membantu blog anda untuk selalu di jamah oleh mesin pencari, yang memungkinkan situs anda akan lebih dikenal sebagai situs yang aktif.

Mobile Friendly Dan Respomsive Desain


Mempunyai situs blog yang mobile friendly dan memiliki renspon yang cepat akan membantu konten-konten anda lebih cepat diindex oleh google, pasalnya algoritma terbaru google sekarang ini lebih fokus terhadap situs yang ramah terhadap pengalaman pengguna (user xperience).

Artikel terkait: 14 Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Yang Wajib Diterapkan Di Blog

Pentingnya situs yang lebih mobile friendly dan rensponsive, dikarnakan pengguna smartphone saat ini lebih banyak dibandingkan pengguna laptop/komputer. Mungkin itu alasannya google memperbaharui algoritma terbaru yang sekarang ini lebih memfokuskan kepada user xperience (pengalaman pengguna).

Blog walking


Selain untuk mempererat ikatan antar blogger, melakukan blog walking juga sangat membantu untuk mempercepat terindexnya konten/postingan baru.

Blog walking ini memang sudah menjadi rutinitas para blogger dengan maksud untuk menanam backlink yang mengarah ke situs miliknya, dengan cara berkomentar dan memasukan alamat url blog, agar setiap kali ada yang mengklik alamat url tersebut akan langsung masuk ke situs miliknya.

Blog dengan banyaknya pembaca yang aktif dan konten-konten yang sering diupdate akan lebih sering dijelajahi oleh mesin pencari, maka carilah blog dengan popularitas yang tinggi dan berkomentarlah sesuai topik pada blog tersebut, dengan begitu anda akan mendapatkan imbah dari popularitas blog tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya share diartikel ini, semoga bisa bermanfaat.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. makasih banyak infonya gan, ditunggu juga kunjungannya ke gubuk sederhana ane https://segalatopik19.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

image: menjaga kesehatan tubuh secara alami Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah aset yang sangat berharga dalam kehidupan kita, menjaga tubuh agar tetap sehat adalah hal yang harus dilakukan bagi semua orang, agar dapat melakukan aktifitas kerja sehari-hari dengan lancar. Aktifitas yang begitu padat tentu akan sangat menguras energi dalam tubuh kita, untuk itu betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita agar tubuh tidak mudah drop walaupun dihadapi dengan berbagai macam aktifitas sehari-hari. Agar tubuh kita selalu sehat dan bugar, hal yang harus kita lakukan adalah berpola hidup yang sehat , jika kita sudah terbiasanya dengan pola hidup yang sehat, maka akan sangat baik bagi tubuh kita.   Lantas apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar?  Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut tips menjaga kesehata tubuh secara alami. 1. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bergizi Tinggi Tubuh k

OPTIMASI SEO: 7 Cara Menulis Artikel Berkualitas Seo

Optimasi Seo Membuat artikel memang mudah, namun membuat artikel berkualitas Seo itu tidak mudah. Ketika kita mengelola sebuah blog, sudah tentu tidak bisa terlepas dari SEO (Search Engine Optimization). Menurut para pakar Seo, menyebutkan bahwa Seo adalah metode optimalisasi website yang bertujuan untuk menjadikan website kita bisa mendapatkan hasil yang optimal pada mesin pencari google. Dengan penerapan Seo yang optimal, blog/web kita bisa masuk ke halaman pertama bahkan mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari google (google search engine). Seo terbagi menjadi 2 macam yaitu seo on-page dan Seo off-page. Seo on-page adalah optimasi yang dilakukan dalam situs web. Sedangkan Seo off-page adalah kebalikannya dari Seo onpage yaitu optimasi yang dilakukan di luar web. Berikut cara membuat artikel yang optimal dalam Seo on-page. 1. Buatlah judul yang unik dan menarik yang mengandung kata kunci. Dalam langkah membuat artikel yang optimal dalam Seo (berkualitas s